Selasa, 28 Oktober 2014

SUKSESKAN HARI SUMPAH PEMUDA, KOMUNITAS BABUJU SERAHKAN BANTUAN RENOVASI MASJID DAN TRAUMA HEARING.




Kab. Bima, Kiblat, - Sukseskan hari sumpah pemuda, Civitas Komunitas Babuju Bima(Dana Mbojo), menyerahkan bantuan renovasi masjid Baburrahman di Desa Karampi, Dusun Nanga Ni'u, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, selasa, 28 Oktober 2014.  

Sebagai sebuah komunitas minoritas yang bergerak dibidang Sosial Kemanusiaan, Sosial Pendidikan dan Sosial Kebudayaan, Komunitas yang berdiri dan berkiprah sejak 20 Mei 2009 lalu ini, memilih untuk memperingati hari sumpah pemuda dengan membangun kepedulian terhadap persoalan sosial Bima (Dana Mbojo).  Komunitas Pemuda dan Mahasiswa yang memiliki motto Cerdas Merncerdaskan ini melandasi gerakan kepedulian mereka kali ini dengan berbuat, berkarya, beramal.


Masjid Baburahman sendiri adalah masjid yang luput dari perhatian Pemerintah Daerah kabupaten Bima. Kondisi masjid Baburrahman sangat memprihatinkan dan nyaris roboh karena tidak terurus. Hingga berita ini direalist, belum ada langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Bima untuk melakukan upaya renovasi masjid dimaksud.

Selain menyerahkan bantuan masjid Baburrahman, gerakan peduli ini dirangkaikan dengan Trauma Hearing pasca kekurangan pangan yang melanda warga desa Karampi selama tiga bulan terakhir ini, bersama pengurus masjid dan Majelis Ta'lim Baburrahman serta warga Karampi. Di desa ini, warga 3 dusun mengalami kekurangan pangan lebih dari 3 bulan akibat gagal panen dan tidak cepat tertangani oleh Pemerintah Daerah. Di daerah ini, bila musim kering dan kekurangan pangan, warga biasa mengkonsumsi Lede (umbi beracun bila salah olah).

Kordinator Komunitas Babuju, Julhaidin SE (Rangga Babuju) menjelaskan bahwa gerakan peduli ini  dilakukan dengan menyerahkan secara  simbolis bantuan masjid Baburrahman kepada pengrus masjid kemudian dilanjutkan dengan Trauma Hearing pasca kekurangan pangan melanda warga.

 “Penyerahan secara simbolis bantuan masjid Baburrahman desa Nanga Ni'u Karampi dan dilanjutkan dengan Trauma Hearing pasca kekurangan pangan melanda warga selama tiga bulan terakhir, bersama pengurus masjid dan Majelis Ta'lim Baburrahman.” Jelas Rangga.


Masih menurut Rangga, di desa Karampi sendiri ada 5 dusun dengan jumlah penduduk lebih kurang 1.000 jiwa. Di desa ini, listrik langka, meskipun ada getset atau alat pembangkit energi matahari. Namun, hanya beberapa warga saja yang memilikinya. Itupun hanya cukup untuk kebutuhan dari sore, magrib hingga tengah malam saja.


Selanjutnya Rangga Babuju juga berterima kasih kepada para donatur yang telah berpartisipasi melalui “DOMPET PEDULI” Komunitas Babuju untuk gerakan peduli masjid Baburrahman.

“Terima Kasih kepada donatur yang telah berpartisipasi dalam meraup 'Ladang Amal' dipulau ini. Akan banyak donasi yang mengalir untuk merenovasi 'Baitul Allah' ini, disaat pemerintah daerah masih memperdebatkan alokasi anggaran dan pos proyek yang bisa digarap.” Lanjut Rangga.

Civitas Komunitas Babuju menuju desa Karampi yang berada dipulau Karampi, kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, melalui dermaga Rompo Langgudu, kabupaten Bima dengan menggunakan  Monto (Motor Boat). Penyebrangan menuju pulau Karampi membutuhkan waktu selama 2 Jam. 


Usai serahkan bantuan renovasi masjid Baburahman dan Trauma Hering , Civitas komunitas Babuju akan melaksanakan ikrar Sumpah Pemuda, yang dikoordinir oleh Fais Rakateza Babuju dan Onas Uyee Babuju, besok. (Berita/ Alif Babuju)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik & Saran konstruktif Pembaca sangat Kami harapkan