Rabu, 06 Agustus 2014

MENEROPONG BAKAL CALON BUPATI BIMA PERIODE 2015 – 2020


Pilkada (Pemilihan Langsung Kepala Daerah) Kabupaten Bima tinggal hitungan bulan. Setidaknya masih ada waktu 11 bulan, warga kabupaten Bima akan memilih pemimpinnya. Dan masih ada 6 bulan untuk para Bakal Calon untuk menimbang-nimbang gerakan Politik serta taktik yang akan dibangun. Meskipun riak-riak pembicaraan warga masyarakat belum hangat tentang siapa saja yang akan menjadi Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bima periode 2015-2020 yang akan datang. Namun, beberapa nama telah muncul dan beberapa nama lainnya bakal muncul dalam perhelatan demokrasi kabupaten Bima ini.

Beberapa nama telah mencuat jauh-jauh hari sebelum ini seperti Adi Mahyudi, SE, (Ketua PAN Kab Bima), Hj Dinda Damayanti (Ketua DPD Golkar Kab Bima), Drs. H. Zainul Arifin, M.Si (Mantan Bupati Bima periode 2000 – 2005).  Nama-nama tersebut saling dikait-kaitkan untuk berdampingan, seperti nama Drs Zainul Arifin atau biasa disapa Abuya dengan Hj Dinda Damayanti atau biasa disapa Dae Dinda. Tetapi ada beberapa politisi juga meramalkan bahwa Zainul dan Adi (Zadi) akan kembali berpasangan. Namun, beberpa minggu ini muncul SMS (Short Massage Send) yang menyebar ditengah masyarakat yang meminta Dukungan untuk bakal pasangan calon Drs, H. Zainul Arifin dengan Drs. H. Nadjib HM Ali. Skematisasi politik mulai digambarkan sedemikian rupa.

Drs. H. Syafruddin HM Nor, M.Pd, Bupati Bima saat ini cukup santer terdengar akan ikut mencalonkan diri kembali pada Pilkada yang akan datang. Meskipun saat ini H. Syafru sapaan dari Drs. H. Syafruddin, HM Nor M,.Pd, belum melakukan gerakan taktis secara politis akan keikutsertaannya kedepan. H. Syafru masih sering berada dikebunnya di Ntana – Bolo, ketimbang menerima tamu atau sekedar tukar pendapat dikediamannya di Kampung Sumbawa atau di Kebun Ni’u. Hal ini menjadi catatan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Bima yang ingin bersilahturahim dengan Sang Bupati Bima.

Belakangan muncul nama Ir. H Muhammad Rum (sekda Kota Bima) asal kecamatan Sape yang diwacanakan akan berdampingan dengan H. Syafru nantinya. Opini yang dibangun dari hal ini adalah ‘Pernikahan’ politik antara Sape dan Bolo yang memiliki basis suara yang cukup besar di Bima. Namun Drs. H. Nadjib HM Ali masih memiliki kekuatan untuk memecah suara Sape dan Lambu sehingga perlu memang dipertimbangkan kedepannya.
Drs Zubair HAR, M. Si, juga disebut-sebut akan ikut bertarung dalam Pilkada Kab Bima tahun 2015 yang akan datang. Zubair sebagai seorang PNS ini memang diakui telah beberapa kali melayangkan surat permohonan Pensiun dini beberapa bulan yang lalu, namun belum direspon oleh Mendagri (Menteri Dalam Negeri). Kuat dugaan bahwa Pak Zubair akan ikut dalam Pilkada yang akan datang.

Beberapa hari ini muncul Opini yang mendorong keikutsertaan Drs. H. Usman AK (Mantan Wakil Bupati Bima 2005-2010) Asal Woro – Madapangga. Dan ‘lampu hijau’ dinyalakan oleh H. Usman AK sebagai bentuk kesediaannya. Dan menjadi pertimbangan tersendiri bagi para bakal calon yang lain. Sebab, Usman AK selama menjadi Wakil Bupati Bima pada masa periodesasinya dikenal cukup bersih dan jeli. Kemampuan Usman AK dalam memenej birokrasi cukup diakui demikian juga dengan Loyalitasnya.

Selain nama-nama yang disebutkan diatas, rumor yang beredar bahwa H. Muhdar (Ketua DPRD Kab Bima), Abdurahman atau dikenal dengan panggilan Gusdur (Sekcam) adik dari Prof Hamdan Zoelva, juga disebut-sebut akan meramaikan Bursa Pilkada Kab Bima 2015. Sedangkan Politisi Bima diluar daerah Bima seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, Manggarai, Kalimantan serta Mataram belum berani mucul lebih awal.

Salah seorang Politisi Muda Nasional dari Golkar yang saat ini adalah seorang Miliader di Tangeran Selatan, Irwansyah Al Karim Asal Tonda kecamatan Madapangga, juga dikhabarkan berniat ikut dalam perhelatan politik kabupaten Bima sekali dalam 5 tahun sekali ini. Kans bagi Irwansyah untuk ikut cukup besar, hal ini terlihat dari komunikasi politik yang ia bangun pada saat konvensi Golkar untuk menjadi Caleg DPR RI kemarin. Hanya saja ia tidak masuk dalam DCT karena kebijakan partai. Lelaki kelahiran 1982 ini adalah pengusaha muda yang cukup sukses ditanah jawa khususnya Jabodetabek dan Tangerang. Wacana yang berkembang, Irwansyah akan menjejaki melalui Komunikasi Politik dengan Dae Dinda dan Zubair apabila Zubair dipastikan akan ikut dalam Pilkada kab Bima mendatang.

Nama yang mulai sering disebut-sebut oleh para pendidik (Guru) selain Zubair adalah Pak Irfan (Kepala LPMP NTB). Pak Irfan cukup memiliki nama ditengah masyarakat Bima - Mataram. Karena melalui LPMP inilah, NIK, NUPTK, dan hal lain yang berkaitan dengan guru se-NTB ada ditangannya. Potensi kekuatan inilah yang mendorongnya untuk Ikut dalam Pilkada nanti. Drs H. Sudirman, M.Si (Ketua yayasan STKIP Taman Siswa Bima) dan anaknya sendiri Doktor Ibnu Kaldun (Doktor Politik, Ketua STKIP Tamsis) ditengarai akan ikut pula sebagai kontestan Pilkada kali ini dan dianggap layak oleh warga Bima.

Dapatkah para bakal calon yang disebut-sebut tersebut diatas melakukan penguatan basis massa masing-masing dalam sisa tenggang waktu 5 bulan kedepan sebelum KPUD Kab Bima memastikan dan memusatkan DCT (Daftar Calon Tetap) Pilkada Kab Bima 2015. Dalam hitungan jadwal Pilkada yang akan dilangsungkan, setidaknya pada bulan November atau Desember 2014, berkas para Calon sudah diterima oleh KPUD Kab Bima untuk diverifikasi dan mulai saat itu (6 bulan sebelum pemilihan) Pasangan calon sudah harus mempersiapkan deklarasinya. Masuk 4 bulan sebelum Pemilihan, pendaftaran ulang dan berbaikan berkas bahan mulai dilakukan.

Pastikan para bakal calon Pemimpin Bima kedepan memiliki Visi Misi Pembangunan yang jelas dan rasional. Pastikan bahwa para Bakal Calon bukan seorang Politisi Busuk dan pastikan bahwa Bakal calon yang akan dipilih nantinya adalah Merakyat. Bukan hanya merakyat saat mencalonkan diri sebagai Bupati saja, namun memang selama ini ia layak untuk memimpin Rakyat Bima kedepannya. Menjadi Rakyat dalam setiap kesempatan bersama Rakyat. 

--------------------------------- 
Kota Bima, tengah malam yang syahdu, 7 Agustus 2014.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik & Saran konstruktif Pembaca sangat Kami harapkan